Minggu, 05 Februari 2017

Cara mudah membersihkan karat pada besi

| 23.19 |
Cara membersihkan karat pada besi, besi merupakan suatu benda yang sensitif terhadap air dan udara, karena dapat menyebabkan sebuah karat. Karena karat/korosi sendiri merupakan suatu akibat dari reaksi antara besi, air dan udara. Maka dari itu apabila anda mempunyai perabot atau peralatan rumah tangga yang ada campuran besinya, entah itu meja, kursi, kusen, jendela dan lain sebagainya anda harus merawatnya secara tepat supaya tetap awet.

Beberapa cara membersihkan karat pada besi sebetulnya mudah dilakukan, baik dengan bahan yang mudah kita dapatkan atu dengan bahan yang dapat kita beli ditoko-toko. Namun sebelum membahas mengenai cara membersihkan karat pada besi perlu juga kita ketahui mengenai apa saja yang cepat menyebabkan sebuah besi berkarat.

1. Air

Besi akan cepat berkarat apabila sering terkena air, entah itu hujan, embun atu air lainya. Apabila anda mempunyai perabot rumah tangga yang ada campuran besinya maka hindarkan dari air, atau lebih baik lagi apabila besi-besi tersebut kita cat, atau bisa juga kita sepuh dengan logam-logam yang tidak bisa korosi seperti tembaga atau emas.^_^

2. Garam

Selain air bahan yang cepat menyebabkan korosi yang ada dirumah kita dan sering kita kita jumpai adalah garam, garam mejadi salah satu benda yang cepat menyebabkan sebuah besi menjadi berkarat/korosi. Karena garam sendiri merupakan bahan olahan yang terbuat dari air laut. Jadi tak mengherankan apabila besi sering kehujanan maka akan cepat keropos karena berkarat, dan  bangkai kapal dilaut pun juga dapat berkarat.

Itulah 2 bahan yang sering kita gunakan yang dapat mempercepat korosi pada besi yang terdapat pada peralatan/perabot rumah kita. Jika anda merasa ada perabot rumah anda yang ada campuran besinya maka pencegahan supaya tidak berkarat dapat dilakukan dengan cara mengecatnya, dengan mengecat maka udara dan air tidak dapat mengenai besi tersebut sehingga tetap aman meski terkena air.

Namun apabila perabot rumah tangga yang anda miliki terlanjur berkarat apa yang mesti dilakukan??  Yang mesti dilakukan adalah membersihkanya bukan membeli perabot yang baru, dengan membersihkanknya dan mengecat ulang tentu dapat menghemat uang tanpa harus membeli perabot yang baru. Cara membersihkan karat pada besi dapat anda lakukan dengan mudah dengan bahan yang mudah didapat.


cara membersihkan karat pada besi


 Cara membersihkan karat pada besi dan perabot rumah



1. Dengan minyak tanah

Cara membersihkan karat pada besi yang pertama adalah menggunakan minyak tanah, minyak tanah memang sudah terbukti dapat menghilangkan karat secara cepat. Bila anda mempunyai perabot yang berkarat cobalah untuk membersihkanya dengan minyak tanah, semprot atau oles-oles perabot yang berkarat tersebut dengan minyak tanah, kemudian gosok menggunakan sikat sampai bersih. Apabila tak kunjung-kunjung hilang ulangi sampai karat tersebut benar-benar hilang.

2. Dengan cuka

Cuka salah satu cairan yang mempunyai rasa asam, cuka sendiri mudah kita dapatkan diwarung-warung terdekat dengan harga yang murah. Cuka dapat kita gunakan untuk membersihkan karat pada besi yang ada didalam rumah kita, cara penggunaannya tidak begitu berbeda dengan cara diatas.

3. Dengan minyak kayu putih

Cara membersihkan karat pada besi yang terakhir adalah dengan menggunakan minyak kayu putih, apabila anda kesulitan untuk mencari cuka atau minyak tanah, anda dapat memanfaatkan minyak kayu putih sebagi penggantinya. Ternyata minyak kayu putih sangat efektif membersihkan karat pada besi, hanya dengan mengoleskan dan menggosok dengan sikat karat tersebut langsung hilang. Jika anda kurang percaya, silahkan dibuktikan..


Dan yang perlu diingat juga adalah, ketika karat tersebut sudah dibersihkan dan hilang maka yang harus kita lakukan adalah mencuci besi tersebut menggunakan sabun, setelah dicuci maka segera lap sampai bersih. Itulah cara mudah membersihan karat pada besi dengan bahan yang mudah kita dapatkan, semoga informasi diatas bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top